RSS

Medan, Kota Tua di Utara Sumatera

Merujuk pada banyaknya program-program yang dibuat pemerintah pusat untuk pemerintah daerah, rasanya tidak salah bila Kota Medan masuk dalam Program Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka (P3KP) yang digagas Kementerian Pekerjaan Umum. Melihat sejarahnya, Kota Medan sudah berjaya sejak dahulu kala. Ada saksi bisu adanya kerajaan dan kesultanan yang berkembang di kota ini. Kesultanan Deli salah satunya dan jejaknya masih dapat disaksikan hingga saat ini antara lain Istana Maimun dan Masjid Raya Medan. Masuknya kolonialisasi Belanda dan pesatnya perkebunan  yang menarik minat pendatang dari berbagai suku bangsa juga masih bisa disaksikan saat ini. Bangunan-bangunan dengan arsitektur kolonial masih berdiri tegak di daerah Kesawan Medan. Pendatang dari daratan Tiongkok yang ikut berperan dalam perkembangan perekonomian di Medan dibuktikan dengan adanya bangunan Tjong A Fie Mansion di Jalan Ahmad Yani Kesawan Medan di pusat kota tidak jauh dari Lapangan Merdeka.

Masih banyak lagi bangunan-bangunan tua yang menjadikan Medan layak masuk Program P3KP. Ketika mendatangi lapangan merdeka, terasa sekali bila Medan merupakan kota tua. Lapangan yang berada di pusat kota ini, dikelilingi banyak bangunan-bangunan tua antara lain Gedung Kantor Pos Indonesia, Stasiun Kereta – Stasiun Medan, Gedung Bank Indonesia dan Gedung Balai Kota. Belum lagi kawasan pasar tua yang berada di Kesawan.

Berkeliling Kota Medan dapat merasakan perkembangan kota yang sudah berlangsung lama. Bangunan-banguan tua yang berdiri megah dan kokoh menggambarkan pesatnya perkembangan pembangunan Kota Medan yang kala itu bernama Deli Tua. Dapat dibayangkan aktifitas perdagangan komoditas perkebunan kala itu yang membutuhkan gedung-gedung kantor yang memadai. Bangunan tempat tinggal seperti Istana Maimun dan Tjong A Fie Mansion dibangun disamping sebagai tempat tinggal, juga sebagai simbol kejayaan dari kekuasaan dan status ekonomi. Melihat secara keseluruhan Kota Medan, dapat menyaksikan kemajuan perekonomian dan pembangunan kota ini di masa lalu yang sudah lebih dahulu dibandingkan kota-kota lain di Indonesia.

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: