RSS

Pantai Sanur: Penataan Kawasan dalam Upaya Mitigasi Bencana Tsunami

Duduk di pasir sambil menunggu kemunculan matahari terbit dari sisi timur Pulau Dewata, dapat dilakukan di salah satu tempat terbaiknya yaitu Pantai Sanur Denpasar Bali. Pantai ini menyajikan deburan ombak yang berbeda dengan Pantai Kuta. Ombaknya mengalun tenang menghempas ke pasir pantai yang putih dan lembut. Apalagi di pagi hari, air laut dalam posisi surut sehingga pantai tampak landai dan menarik untuk bermain ditepinya. Bahkan seorang anak kecil sekalipun dapat bermain tanpa takut ditarik ombak secara tiba-tiba. Namun dibalik ketenangan ini bukanlah tiada ancaman. Gempa yang bisa datang kapan saja membawa ancaman bahaya tsunami bagi pantai ini dan pantai-pantai lainnya di Pulau Bali. Hal ini saya ketahui sewaktu berkunjung ke Pantai Sanur untuk ke sekian kalinya dalam rangka memenuhi undangan Bappenas dan World Bank dalam Lokakarya Kota Hijau dan Berketahanan.

Hotel Prama Sanur Beach yang diresmikan tahun 1974 menjadi tempat berlangsungnya acara lokakarya dan hotel ini juga menjadi tempat perlindungan dari bahaya tsunami. Ketinggian hotel ini dipandang memadai sebagai tempat perlindungan dari bahaya tsunami dengan ketinggian air laut yang diperkirakan mencapai maksimal 6 meter. Papan petunjuk diletakkan di tepi pantai yang mengarahkan agar orang-orang berlari menuju ke hotel ini sewaktu tsunami.

Penataan kawasan sepanjang Pantai Sanur memperlihatkan upaya mitigasi bencana tsunami disamping tentunya untuk mendukung pariwisata. Pohon-pohon ditanam di sepanjang tepian pantai dan papan petunjuk jalur evakuasi dan lokasi tempat perlindungan dipasang. Pohon-pohon tersebut juga memiliki manfaat sebagai penghijauan, pohon peneduh, sumber oksigen, mencegah abrasi dan tentunya menambah keindahan dalam mendukung pariwisata. Penataan di tepian pantai ini memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Jalur pedesterian bagi yang ingin berjalan di sepanjang pantai disediakan dalam kondisi baik terbuat dari conblok. Pedestrian ini juga digunakan bagi pengunjung yang melakukan jogging dan bersepeda. Persewaan sepeda mudah ditemukan di sepanjang tepian pantai. Tarif sewa Rp.60.500,- per dua jam dikenakan untuk setiap sepeda. Beraktifitas berjalan kaki, jogging ataupun bersepeda di jalur pedestrian ini terasa nyaman karena banyak pohon-pohon besar dan rimbun menaungi dari sengatan matahari.

Hotel Prama Sanur Beach tidak sendirian. Bersama hotel-hotel lain yang berada di sepanjang tepian Pantai Sanur dan pantai-pantai lainnya seperti di Tanjung Benoa, Pemerintah setempat melibatkan hotel-hotel ini dalam menghadapi bahaya tsunami. Kesediaan hotel-hotel tersebut menjadi lokasi evakuasi bahaya tsunami menunjukkan kesadaran dan diwujudkan dalam bentuk kemauan kerjasama pihak swasta membantu upaya pemerintah setempat melakukan mitigasi bencana tsunami. Tidak hanya melibatkan pihak Swasta, pemerintah Provinsi Bali khususnya  telah menempatkan sarana mitigasi bencana tsunami antara lain berupa bangunan tower sirine early warning tsunami di Tanjung Benoa dan bangunan evakuasi bencana tsunami setinggi 15 meter di Pulau Serangan Bali. Khusus untuk Pantai Sanur, upaya awal dalam menghadapi bahaya tsunami sudah diwujudkan dalam penataan kawasan di sepanjang Pantai Sanur.

Palembang, 8 Juni 2015

 

IMG_5917Kala pagi di Pantai Sanur Denpasar Bali

 

 

IMG_5844Ketenangan Pantai Sanur

 

IMG_5828 Sunrise di Pantai Sanur. Tampak deretan pohon tumbuh subur di tepian pantai

 

IMG_5941Pohon sebagai peneduh mendukung kegiatan pariwisata di Pantai Sanur

IMG_5703Pohon-pohon hijau ditanam di tepi Pantai Sanur

 

IMG_5714Hotel Prama Sanur Beach sebagai lokasi evakuasi bahaya tsunami

 

IMG_5947Pantai Sanur dengan fasilitas pendukung pariwisata

 

IMG_5973Deretan sepeda sewa

 

IMG_5962Jalur pedestrian yang digunakan sebagai jogging track

 

IMG_5961Pedestrian dengan jalur penghijauan disisinya

 

IMG_5955Papan petunjuk lokasi evakuasi bahaya tsunami

 

IMG_5750 Tower sirine early warning bahaya tsunami

IMG_5755Gedung tempat peralatan sirine early warning

 

IMG_5756Pejabat dari Pusdal OBS menjelaskan sistem kerja sirine early warning tsunami

 

IMG_5757 Peralatan sirine early warning tsunami

 

IMG_5771Bangunan evakuasi bahaya tsunami dengan ketinggian 15 meter di Pulau Serangan Bali

 

 

IMG_5773Dekatnya jarak laut dengan bangunan evakuasi bahaya tsunami di Pulau Serangan Bali

IMG_5959

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: