RSS

Malang: Pengembangan Potensi Alam sebagai Sumberdaya Ekonomi Lokal

Malang baik kota maupun kabupatennya terkenal sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Apel Malang sudah melekat sebagai produk pertanian lokal Malang. Lokasi geografis dan geostrategi Malang memberi berkah berlimpahbagi ekonomi lokal. Betapa tidak, berada di posisi hampir selatan Pulau Jawa, Malang dianugerahi kondisi tanah yang cukup tinggi diatas permukaan laut bahkan berada di ketinggian berupa perbukitan dan pegunungan. Kondisi ini membawa dampak positif  berupa sejuknya suhu udara sepanjang tahun dan suburnya tanah yang  baik bagi pertanian. Tidak hanya ini, kesejukan, keindahan bentang alam dan lanskap yang sebagian besar berupa pertanian, potensi wisata baik buatan dan alami seperti air terjun, gunung dan lembah, adalah beberapa potensi alam di Malang yang menjadi sumberdaya ekonomi lokal.

Potensi alam yang dimiliki Malang menjadi penghidupan bagi masyarakatnya. Tanah yang subur memberikan berkah bagi berlimpahnya hasil pertanian sayur mayur dan buah-buahan. Kebun sayur dan buah-buahan terbentang luas mengkuti kontur tanah yang berbukit dan di lereng-lereng pegunungan. Agrowisata menjadi sisi lain dari pertanian ini. Hal ini menjadi daya tarik wisata di Malang. Salah satu hal utama yang ingin saya lakukan bila berkunjung ke Malang adalah mendatangi kebun apel dan hal ini tercapai karena kedatangan saya bersamaan dengan musim panen apel Malang. Kebun yang cukup luas dengan pohon-pohon apel berjajar dan dahan-dahannya digantungi buah-buah apel yang merah ranum memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Tuhan memberikan saya kesempatan di waktu yang tepat.

Pegunungan yang ada juga juga memberikan berkah, salah satunya puncak Gunung Banyak. Puncak ini menjadi lokasi untuk terbang paralayang. Lembah terhampar dibawahnya menjadi pemandangan yang menarik mata sambil melayang di udara sebelum mendarat di lembahnya. Belum lagi air terjunnya yang menjulang tinggi, bernama air terjun coban rondo, yang memperkuat potensi alam Malang.

Pengembangan semua potensi alam ini menjadi sumberdaya ekonomi bagi masyarakat Malang. Pengunjung yang datang membawa pemasukan untuk pemerintah dan masyarakat setempat. Tentunya infrastruktur harus dipelihara dan terus dikembangkan supaya pengunjung merasakan kenyamanan dalam menikmati alam di Malang. Dan supaya potensi alam ini terus menjadi sumberdaya ekonomi bagi Malang.

 

Palembang, 18 Juni 2015

 

2 responses to “Malang: Pengembangan Potensi Alam sebagai Sumberdaya Ekonomi Lokal

  1. Azis

    15 Agustus 2015 at 22:20

    Ga ada photonya mba?

     
    • Korlena

      7 September 2015 at 22:20

      Belum selesai tulisan ini Mas. akan saya tambahkan foto2nya. makasih

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: