RSS

Kesejukan Pagi di Kaliurang

Mencari kesejukan di Yogyakarta. Kaliurang tempatnya. Berada di ketinggian dan tidak begitu jauh dari puncak Gunung Merapi, hawa sejuk menjadi milik Kaliurang. Kawasan Kaliurang sejak lama menjadi tempat peristirahatan dan wisata di Yogyakarta. Banyak berdiri villa dan bangunan tempat peristirahatan di sini, sebagian disewakan untuk umum. Bangunan-bangunan tuanya bergaya arsitektur kolonial, bahkan ada yang hingga sekarang masih memakai nama dalam bahasa Belanda. Bangunan baru bentuknya sudah mengikuti perkembangan trend sekarang.

Setelah melewati gerbang Kawasan Wisata Kaliurang, jalan terus mendaki dan akan melewati dua patung yang ada di tengah dua  perempatan jalan yaitu patung segerompolan monyet dan udang. Monyet sendiri memang banyak hidup di kawasan ini terutama di lembah Kaliurang dan Telogo Putri. Sedangkan udang, entah alasan apa sehingga patung udang didirikan di sini.

Pagi hari menjadi waktu terbaik berkunjung ke Kaliurang bila tidak ingin menginap di sini. Hawa yang dingin dan sejuk serasi dengan kehijauan kawasan ini. Di pinggir jalan banyak pedagang yang menjual makanan untuk sarapan. Nasi pecel, gorengan, nasi rames, gudeg, susu segar dan penganan khas Kaliurang, jadah tempe. Kawasan wisata lembah Kaliurang juga menjual berbagai kuliner tersebut. Di lembah ini, ada air terjun Telogo Putri yang mendapat aliran air dari kawasan puncak Merapi. Namun sayang, semenjak hilangnya hutan di kawasan puncak Merapi, debit air yang mengalir menjadi air terjun menjadi berkurang. Karcis masuk Rp. 2000,- untuk wisnu dan Rp. 20.000,- untuk wisman. Di lembah ini juga, pengunjung dapat mengikuti wisata Lava Tour dan disediakan sejumlah jeep untuk transportasi. Sebelum pulang, sebagai buah tangan dapat membeli salak pondoh, alpukat ataupun jadah tempe.

Yogyakarta, 11 November 2012

Patung udang sebelum memasuki kawasan wisata lembah Kaliurang

Kawasan Wisata Lembah Kaliurang

Area Parkir Kawasan Wisata Lembah Kaliurang

Air Terjun Telogo Putri

Kemarau dan tiadanya hutan di puncak Merapi, mengurangi debit air terjun

Deretan Jeep Wisata Lava Tour

Penjual sate di Kawasan Wisata Lembah Kaliurang

Salak Pondoh dan Alpukat Hasil Pertanian di Sekitar Kaliurang

Vogels Hotel, Bangunan Lama Berarsitektur Kolonial

Pedagang jadah tempe dan nasi pecel menunggu pembeli

Nasi Pecel

Warung Jadah Tempe terkenal di Kaliurang

 

One response to “Kesejukan Pagi di Kaliurang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: